Stoner Dinobatkan Jadi “Legenda” ke 20 MotoGP


135346567917284895Casey Stoner menerima penghargaan nama “Stoner Corner”. dok. motogp.com
Berita tersisa dari hingar bingarnya dunia balap Moto GP,  yang telah berakhir di sirkuit Ricardo Tormo Valencia Sepanyol yang lalu  dan melahirkan Jorge Lorenzo sebagai juaranya dunia motoGP untuk musim balap 2012.
Casey  Stoner Juara Dunia Dua kali moto GP dinobatkan sebagai legenda MotoGP oleh penyelengara balapan motoGP,  beberapa saat setelah menuntaskan balapan di Valencia Spanyol, berkaitan dengan pensiunnya Stoner dari Dunia Balap moto GP.
Penyelenggara MotoGP menempatkan Casey Stoner sebagai legenda balap motor dunia yang Ke-20, bergabung bersama kelompok mantan pembalap elit dunia sepanjang sejarah.
Adapun yang sudah menjadi legenda motoGP itu sbb : Mick Doohan, Giacomo Agostini,, Geoff Duke, Wayne Gardner, Mike Hailwood, Daijiro Kato, Eddie Lawson, Anton Mang, Angel Nieto, Wayne Rainey, Phil Read, Jim Redman, Kenny Roberts, Jarno Saarinen, Kevin Schwantz, Barry Sheene, Freddie Spencer, John Surtees, dan Carlo Ubbiali.
Catatan prestasi yang sudah didapat Stoner sepanjang kariernya dikelas motoGP yaitu sudah meraih dua kali juara dunia motoGP th 2007 (Ducati) dan th. 2011 (Honda) serta 45 kali menang, 89 podium, dan 43 kali menempati posisi pole position sampai dengan akhir karirnya di valencia kemaren.
Stoner mengawali debutnya di balapan kelas MotoGP th 2006 bersama dengan tim LCR. Dengan memakai motor Honda. dan berhasil memperlihatkan prestasi yang memukau di saat itu. Baru dua kali balapan, dia berhasil meraih pole positions yaitu saat balapan di Qatar, dan dia juga meraih posisi finis kedua saat balapan di Turki.
1353466359331634440sumber foto : sportiplus.com
Tahun 2007 Stoner bergabung dengan tim Ducati dan langsung membukukan  kemenangan pertama di musim 2007, tapi kemenangan dinilai sebagai hanya sebuah kejutan, baik di antara para pembalap maupun di antara tim yang berlaga di motoGP.
Tapi setelah di balapan Turki dan Cina, Stoner mulai diperhitungkan dan berpeluang meraih gelar juara dunia. Dan berikutnya tiga seri secara beruntun dari balapan di Laguna Seca, Brno, dan Misano berhasil diraih. Dan memang, akhirnya Stoner jadi juara dunia motoGP di tahun 2007 dengan meraih 10 kali kemenangan, 14 podium, dan lima kali pole position.
Tiga tahun berikutnya, Stoner mengalami masa suram di Ducati. Akhirnya bergabung dengan tim Honda  di th 2011 dan berhasil kembali menjadi juara dunia motoGP lagi. Stoner tampil dominan dengan meraih kemenangan di 10 seri balapan, dan Stoner juga mencetak rekor meraih 12 kali pole position, jumlah pole terbanyak dalam satu musim yang pernah diraih oleh seorang pembalap di kelas paling bergengsi.
Di musim 2012, Stoner menjadi favorit juara setelah performa dominannya di 2011. Walaupun dengan berbagai macam kendala yang dilalui dan sempat tidak mengikuti beberapa seri balapan karena cidera, itu semua membuat pencapaianya jadi menurun tapi masih sempat juga memenangi 5 seri balapan masing seri Jerez Spanyol, Estoril. Portugal, Assen Belanda, Mazda Race Way United Stated, Philp Islan Australia dan akhirnya setoner mengakhiri karirnya dimusim balap 2013 ini dengan meraih posisi ketiga motoGP 2012. Kalah dari Dani Pedrosa yang menempati posisi kedua dan Jorge Lorenzo tampil sebagai juara dunia motoGP 2012.
1353465900982987661stoner dan kel sumber foto :  heraldsun.com.au
Akhirnya sebuah keputusan yang diumumkan Casey Stoner di GP Perancis 2012 bahwa ia akan pensiun pada akhir musim 2012. Dengan alasan antara lain bahwa ia sudah tidak bersemangat lagi membalap di ajang MotoGP dan ingin lebih fokus pada keluarganya……selamat jalan stoner “The Kuri-kuri boy” semoga sukses di jalan yang dipilih.
Borneo 21 November 2012

Salam Olah Raga. 

NAZUM MEDIA Anda telah berkunjung di https://www.nazumedia.com/. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts

Comments

Post a Comment