Skip to main content

Cara Daftar dan Tahapan Seleksi SNMPTN

Cara Daftar dan Tahapan Seleksi SNMPTN 2015

Cara Daftar dan Tahapan Seleksi SNMPTN, img
Cara Daftar dan Tahapan Seleksi SNMPTN. Salam Pendidikan!. Selamat bertemu dengan Kutipan Berita, sebuah blog sederhana yang menyajikan informasi terkini. Pada kesempatan ini Kutipan Berita akan berbagi informasi terbaru terkait pelaksanaan SNMPTN 2015 yakni "Cara Daftar dan Tahapan Seleksi SNMPTN". Sebagaimana informasi sebelumnya bahwa pendaftaran SNMPTN akan dimulai pada 13 Februari mendatang sedangkan data sekolah dan siswa di PDSS sudah diisi sebelumnya oleh pihak sekolah. Adapun hasil seleksi sendiri akan diumumkan pada 9 Mei 2015. Lalu bagaimana Cara Daftar dan Tahapan Seleksi SNMPTN 2015, berikut penjelasan lengkapnya.





Cara Daftar SNMPTN 2015


Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), akan dibuka pada 13 Februari 2015. Mulai sekarang, calon mahasiswa harus bersiap mendaftarkan diri ke kampus idaman.

Berikut tata cara pendaftaran SNMPTN seperti dikutip dari laman resmi SNMPTN 2015, Kamis (29/1/2015).

Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS)

Pertama, kepala sekolah harus memasukkan data sekolah dan siswa di PDSS. Kemudian, kepala sekolah akan mendapatkan password yang dapat dipakai siswa untuk memverifikasi data pada PDSS.

Siswa yang akan mendaftar SNMPTN harus memverifikasi datanya di PDSS. Siswa bisa log in dengan menggunakan password dari kepala sekolah dan Nomor Induk Siswa Nasioal (NISN).

Verifikasi ini wajib dilakukan oleh siswa. Jika hingga waktu yang ditentukan siswa tidak melakukan verifikasi, maka data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh kepala sekolah dianggap benar dan tidak dapat diubah.

Pendaftaran di laman SNMPTN

Setelah verifikasi data di PDSS, siswa dapat mendaftar SNMPTN 2015 secara online di laman http://snmptn.ac.id.

Ketika mendaftar, siswa diharuskan mengisi biodata lengkap, pilihan perguruan tinggi negeri (PTN), program studi (prodi), meng-upload foto resmi terbaru serta dokumen berisi prestasi siswa selama masa sekolah (jika ada). Jangan lupa untuk membaca petunjuk pendaftaran terlebih dahulu agar memahami semua ketentuan yang terdapat dalam PTN yang dipilih.

Portofolio

Siswa yang mendaftar prodi keolahragaan dan seni, wajib melampirkan portofolio serta dokumen yang disahkan Kepala Sekolah. Pedoman pendaftaran dan pengunggahan portofolio dapat diunduh di laman http://snmptn.ac.id

Kartu bukti

Setelah semua dokumen yang dibutuhkan diunduh, siswa dapat mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Hasil seleksi sendiri akan diumumkan pada 9 Mei 2015.


Tahapan Seleksi SNMPTN


Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) menggunakan prestasi akademis sebagai dasar penyeleksian. PTN penyelenggara juga memiliki kriteria tambahan lain untuk menyeleksi calon mahasiswa mereka.

Pendaftaran SNMPTN 2015 sendiri dimulai 13 Februari mendatang. Kemudian, PTN mulai menyeleksi calon mahasiswa pada 16 Maret 2015 dan mengumumkan hasilnya pada 9 Mei mendatang. Sebenarnya, bagaimana, sih, cara panitia SNMPTN di tiap kampus menyeleksi pendaftar SNMPTN?

Dikutip dari laman resmi SNMPTN, Kamis (29/1/2015), PTN akan menyaring calon-calon mahasiswa yang berkualitas dalam bidang akademis. Karena itulah, dibutuhkan nilai rapor serta daftar prestasi untuk melihat rekam jejak siswa selama mengenyam pendidikan di bangku SMA.

PTN juga akan memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah. Jika terbukti melakukan kecurangan saat pengisian PDSS, maka sekolah yang bersangkutan akan masuk daftar hitam dan siswanya tidak dapat mengikuti seleksi.

Selain itu, panitia akan menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN secara adil, akuntabel, dan transparan. Ketentuan ini memungkinkan daya tampung SNMPTN tidak harus dipenuhi.

Tahap seleksi dilakukan oleh PTN pilihan pertama. Urutan prodi menunjukkan urutan seleksi di PTN tersebut.

Jika siswa memilih dua PTN dan tidak lulus dalam penyeleksian PTN yang pertama, maka akan dilakukan seleksi tahap dua sesuai dengan urutan prodi dan ketersediaan daya tampung. Semoga berhasil!

Sumber :  http://news.okezone.com

Demikian informasi terbaru mengenai Cara Daftar dan Tahapan Seleksi SNMPTN 2015, semoga bermanfaat.

Keywords : Cara Daftar dan Tahapan Seleksi SNMPTN

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar