Skip to main content

Penerapan Kurikulum 2013 Secara Merata

Dua Tahun Lagi Semua Sekolah Pakai Kurikulum 2013

Dua Tahun Lagi Semua Sekolah Pakai Kurikulum 2013, Penerapan Kurikulum 2013 Secara Merata, img
Dua Tahun Lagi Semua Sekolah Pakai Kurikulum 2013. Selamat bertemu dengan Kutipan Berita, sebuah blog sederhana yang menyajikan informasi terkini. Pada kesempatan ini Kutipan Berita kembali menjumpai anda dengan informasi terkini terkait "Penerapan Kurikulum 2013 Secara Merata". Implementasi kurikulum 2013 sempat menuai pro dan kontra karena penerapannya yang dinilai terlalu tergesa-gesa sehingga Mendikbud Anies Baswedan menerapkan kembali Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) bagi sekolah yang dinilai belum siap dengan kurikulum 2013. Namun demikian bukan berarti kurikulum 2013 tidak dipakai lagi, hanya penerapannya ditunda hingga sekolah benar-benar siap. Rencananya Dua Tahun Lagi Semua Sekolah Pakai Kurikulum 2013, berikut penjelasannya.






Dua Tahun Lagi Semua Sekolah Pakai Kurikulum 2013


Dalam dua tahun mendatang, semua sekolah di Indonesia akan memakai Kurikulum 2013. Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan memang membatasi penerapan Kurikulum 2013 serta mengimbau sekolah kembali pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006.

Hal ini disampaikan Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P2TK) Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar (Ditjen Dikdas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Sumarna Surapranata, ketika menjelaskan tentang Permendikbud khusus tentang jam mengajar guru. Menurut Pranata, Permendikbud tersebut hanya akan dipakai selama dua tahun.

"Karena nanti dua tahun yang akan datang semuanya sudah menerapkan Kurikulum 2013," kata Pranata di Lembang, Bandung, baru-baru ini.

Dia menjelaskan, penerapan Kurikulum 2013 akan kembali ke masa percobaan. Perbaikan kurikulum tersebut akan dilakukan pada semester satu 2015/2016.

"Nantinya, akan ada tambahan 44 ribu sekolah yang memakai Kurikulum 2013," imbuhnya.

Tidak hanya itu, Pranata berharap, implementasi Kurikulum 2013 selesai 100 persen pada 2018-2019. Perubahan kurikulum sendiri diperlukan mengingat ilmu pengetahuan terus bertambah dan berubah.

"Kalau kurikulumnya tidak berubah, berarti kita mengajarkan ilmu ke anak didik dengan sesuatu yang stagnan, padahal konsepsi sifat ilmu itu berubah setiap saat. Jadi, kurikulum harus berubah," jelasnya.

Sumber :  http://news.okezone.com

Demikian informasi terkini terkait Dua Tahun Lagi Semua Sekolah Pakai Kurikulum 2013, semoga bermanfaat.

Keywords :  Dua Tahun Lagi Semua Sekolah Pakai Kurikulum 2013, Penerapan Kurikulum 2013 Secara Merata

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar