Skip to main content

Persiapan UN Online

Pemerintah Antisipasi Dampak UN Online

Pemerintah Antisipasi Dampak UN Online, Persiapan UN Online, img
Persiapan UN Online. Selamat bertemu dengan Kutipan Berita, sebuah blog sederhana yang menyajikan informasi terkini. Masih bersama Kutipan Berita, pada kesempatan ini akan berbagi informasi terkait pelaksanaan UN 2015 yakni "Persiapan UN Online". Seperti kita ketahui bahwa mulai tahun ini pelaksanaan UN bukan hanya secara tertulis, tetapi juga dilaksanakan secara online atau yang dikenal dengan Computer Based Test (CBT) yang akan diikuti oleh sebagian sekolah. Pemerintah sendiri tidak memaksakan Ujian Nasional CBT mengingat masih ada banyak kendala seperti ketersediaan komputer yang masih kurang dan lain sebagainya. Harapan bersama agar UN CBT ini dapat berjalan dengan lancar, meski demikian Pemerintah melakukan Antisipasi Dampak UN Online apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.




Pemerintah Antisipasi Dampak UN Online


Kementerian Pendidikan dan Kebudayakan melakukan persiapan Ujian Nasional Computer Based Test dengan sangat kehati-hatian. Mengingat, tahun ini adalah pertama kali UN CBT dilaksanakan di Indonesia.

"Persiapan UN CBT yang pemerintah lakukan penuh dengan kehati-hatian. Hal ini dilakukan agar mengantisipasi dampak negatif kedepannya," ujat Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekom), Ari Susanto, Kamis (5/3).

Ia melanjutkan, hal ini juga dilakukan untuk meredam kecemasan pihak sekolah dan para siswa, baik yang menggunakan UN CBT tahun ini maupun di masa mendatang.

Menurutnya, UN CBT perlu dipersiapkan dengan matang, agar kesuksesan yang diharapkna dapat tercapai. "Apabila ada kelemahan atau keterbatasan dalam pelaksanaannya, diharapkan tidak menimbulkan  rasa takut terhadap tekonologi informasi dan komunikasi (TIK) di kalangan siswa, guru, dan orang tua murid."

Ia menyebutkan, bentuk persiapan yang dilakukan oleh pemerintah adalah persiapan assesmen aplikasi, finalisasi buku panduan dan petunjuk teknis, verifikasi sekolah, pelatihan untuk tim dan tenis sekolah. Tak tertinggal pula, persiapan risk management dan help desk yang terkait dengan pelaksanaan UN CBT.

"Meskipun begitu, kami siap untuk melaksanakan UN CBT.  Kami yakin, jika semua persiapan telah dilakukan dengan  baik maka pelaksanaan UN CBT pun dapat berjalan lancar," tambahnya.

Sumber :  http://www.republika.co.id

Demikian informasi terkini terkait Pemerintah Antisipasi Dampak UN Online, semoga bermanfaat.

Keywords :  Pemerintah Antisipasi Dampak UN Online, Persiapan UN Online

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar