Skip to main content

Proses UN Transparan

Mendikbud bilang proses UN transparan

Mendikbud bilang proses UN transparan, Proses UN Transparan, img
Mendikbud bilang proses UN transparan. Jumpa kembali dengan Kutipan Berita, sebuah blog sederhana yang menyajikan informasi terkini. Masih kabar seputar pelaksanaan Ujian Nasional, kali ini Kutipan Berita hadirkan informasi terbaru mengenai "Proses UN Transparan". Kurang satu bulan lagi  tepatnya 13 April mendatang UN akan dilaksanakan untuk tingkat SMA/SMK/MA. Persiapan demi persiapan  tentunya dilakukan baik oleh para siswa agar mendapat hasil yang baik maupun pemerintah selaku penyelenggara UN agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Anies Baswedan selaku Mendikbud bilang proses UN transparan, artinya masyarakat memantau dan mengakses secara langsung bagaimana proses pengadaan soal dan lembar jawaban dan siapa pemenang tender yang akan mencetak soal UN karena semuanya akan diumumkan secara terbuka, berikut pernyataannya Mendikbud Anies Baswedan.




Soal UN 2015 : Mendikbud bilang proses UN transparan


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan memastikan ujian nasional (UN) akan berlangsung transparan termasuk proses pengadaan soal dan lembar jawaban.

"Semua akan transparan termasuk percetakan akan diumumkan secara terbuka," kata Anies usai menghadiri penandatanganan kerja sama Sekolah Global Sevilla dan Barnsley College, di Jakarta, Kamis.

Pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan mengumumkan siapa pemenang tender dan pengembangan proses tersebut.

"Tiap hari akan dipantau dan pastinya terbuka. Siapa saja bisa mengakses," tambah dia.

Disinggung persiapan UN, Anies mengaku sudah mencapai 90 persen, termasuk pelaksanaan UN berbasis komputer.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemdikbud, Nizam, mengatakan terdapat 700 sekolah yang akan ikut UN berbasis komputer.

Nizam menjelaskan UN CBT dirancang menjadi tiga cara. Pertama UN CBT offline, dengan mengunakan terminal yang dilayani oleh server lokal tanpa sinkronisasi dengan server pusat.

Kedua, semi daring (online) dengan kapisitas terminal dilayani oleh server lokal yang disinkronisasi dengan server pusat. Ketiga, daring sepenuhnya terminal komputer terhubung ke server pusat secara real time, sehingga tidak tergantung bandwidth.

Pelaksanaan UN untuk tingkat SMA/SMK akan dilangsungkan pada 13 April--15 April. Sementara, pengiriman bahan UN SMA/SMK dilaksanakan pada 29 Maret--11 April.

Pengumuman hasil UN SMA akan ditetapkan pada 18 Mei. Sedangkan, pelaksanaan UN SMP pada 4--6 Mei dan pengumuman hasil UN SMP ditetapkan pada 10 Juni.

Sumber : http://www.antaranews.com

Demikian informasi terkini terkait Mendikbud bilang proses UN transparan, semoga bermanfaat.

Keywords :  Mendikbud bilang proses UN transparan, Proses UN Transparan
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar