Skip to main content

Tata Cara UN Online

Tata Cara UN Online

Tata Cara UN Online, img
Tata Cara UN Online. Selamat bertemu dengan Kutipan Berita, sebuah blog sederhana yang menyajikan informasi terkini. Pada kesempatan ini Kutipan Berita akan berbagi informasi terkait persiapan ujian nasional tahun 2015 yakni "Tata Cara UN Online". Siswa peserta UN CBT atau UN online diharapkan memahami betul Tata Cara UN Online agar pada waktu mengerjakan soal UN tidak kebingungan. Setelah dilakukan ujicoba, UN berbasis komputer ini dirasakan lebih mudah oleh para siswa. Selain itu UN online memiliki kelebihan tersendiri dibanding UN tertulis sebab UN CBT ini lebih menghemat waktu dan dapat meminimalisir tingkat kebocoran soal UN karena setiap siswa memiliki soal yang berbeda. Lalu bagaimana Tata Cara UN Online, berikut penjelasannya.





Tata Cara UN Online 


Jika kebagian mengikuti Ujian Nasional (UN), sebaiknya kamu memahami tata cara UN online supaya enggak kesulitan saat ujian. Simak informasi ini.

Menurut Guru Komputer di SMAN 1 Depok, Siti, soal UN berbasis komputer (UN CBT) ini didapat dari web Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Setelah didownload, soal pun disiapkan di komputer para peserta ujian.

"Setiap sekolah ada satu orang yang khusus diberikan user name dan password dari Kemendikbud serta bertanggung jawab untuk mendownload soal UN tersebut," kata Siti kepada Okezone di SMAN 1 Depok, Kamis (2/4/2015).

Ketika halaman soal dibuka, maka siswa tidak hanya dapat melihat soal, tetapi juga jam yang menunjukkan siswa waktu yang dimilikinya untuk menyelesaikan ujian. Lembar jawaban UN online tersedia di bagian kanan layar.

"Kotak nomor berwarna abu-abu menandakan soal telah dijawab. Kotak nomor berwarna putih menandakan soal belum dibuka. Sedangkan kotak nomor berwarna biru menandakan soal sedang dibuka," imbuh Siti.

Peserta menjawab langsung dengan mengklik salah satu pilihan jawaban di soal. Menurut Siti, salah satu hal yang membuat UN CBT ini mudah adalah siswa tidak perlu mengerjakan ujian dari awal jika sewaktu-waktu ada masalah seperti listrik mati.


"Siswa hanya perlu membuka kembali halaman soal menggunakan password-nya dan akan mendapati sejumlah soal yang belum dijawab lengkap dengan jatah waktu yang masih ada," tutur Siti.

Salah satu siswa SMAN 1 Depok, Aghnia Putri Ningrum mengakui bahwa ujian berbasis komputer ini lebih mudah. "Enak, sih, tapi takutnya mati lampu aja pas hari H," ujar Aghnia.

Demikian informasi terkini terkait Tata Cara UN Online, semoga bermanfaat.

Keywords :  Tata Cara UN Online
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar