Skip to main content

UN Online dan UN Kertas

UN Online Diharapkan Lebih Baik Dibandingkan UN Kertas

UN Online Diharapkan Lebih Baik Dibandingkan UN Kertas, img
UN Online Diharapkan Lebih Baik Dibandingkan UN Kertas. Selamat bertemu dengan Kutipan Berita, sebuah blog sederhana yang menyajikan informasi terkini. Masih terkait dengan pelaksanaan UN CBT, kali ini Kutipan Berita hadirkan "UN Online Diharapkan Lebih Baik Dibandingkan UN Kertas". Bentuk UN yang baru yakni UN Online atau UN berbasis komputer diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar dengan hasil yang memuaskan. Sebagaimana pernyataan Kemendikbud, UN Online memiliki banyak kelebihan dibanding UN Kertas. Selain hemat anggaran UN berbasis komputer ini juga dapat meminimalisir kecurangan dan terjadinya kebocoran soal. Berikut pernyataan Nizam selaku Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Balitbang terkait harapan pemerintah selaku penyelenggara UN dalam hal ini Kemendikbud agar UN Online Lebih Baik Dibandingkan UN Kertas yang dikutip dari Republika.




UN Online Diharapkan Lebih Baik Dibandingkan UN Kertas


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berharap agar pelaksanaan Ujian Nasional computer based test mencapai hasil yang memuaskan dan lebih handal.

"Kami berharap pelaksanan UN CBT yang kali pertamanya ini dapat terselenggara dengan baik, lancar, jujur. Siswa dapat terlayani dengan baik dan hasilnya lebih handal," ujar ujar Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik), Badan Pengembangan dan Penelitian (Balitbang), Kemendikbud, Nizam.

Ia melanjutkan, lebih handal dari UN paper based test (PBT), dari segi kecepatan, akurasi dan pemroresan. Kemendikbud juga sudah mulai melakukan simulasi download dan simulasi pelaksanaan UN CBT.

Hal itu akan dilakukan selama beberapa hari, hingga semua persiapan UN CBT berjalan dengan mulus dan siap. Ia menjelaskan, meskipun pelatihan dan simulasi dilakukan. Tapi, bobot soal yang digunakan itu agak berbeda dengan bobot soal UN yang digunakan dalam UN CBT maupun PBT.

Selain itu, bertujuan untuk membiasakan prosedur UN CBT, bagi siswa dan pengawas. "Alhamdulillah, hingga saat ini persiaan UN CBT tidak menemui hambatan yang besar. Semua persiapan pun sesuai dengan jadwal yang ditetapkan sebelumnya."

Meskipun, pada awalnya pelaksanaan UN CBT akan lebih dahulu satu pekan dari UN PBT. Tapi, Kemendikbud merubahnya dan menjadwalkan, keduannya dilaksanakan  bersamaan, yaitu pada 13 April.

Demikian informasi terkini terkait UN Online Diharapkan Lebih Baik Dibandingkan UN Kertas, semoga bermanfaat.

Keywords :  UN Online Diharapkan Lebih Baik Dibandingkan UN Kertas


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar