Skip to main content

Istilah : Mengenal Hitung Cepat dan Bagaimana Cara Kerjanya

Mengenal Hitung Cepat dan Bagaimana Cara Kerjanya



Mengenal Hitung Cepat dan Bagaimana Cara Kerjanya, Pengertian Hitung Cepat, Quick Count img
Pengertian Hitung Cepat ~ Selamat bertemu dengan Kutipan Berita, pada kesempatan yang baik ini akan posting seputar istilah hitung cepat atau dikenal juga dengan quick count. Seperti kita ketahui setiap ada pilkada ataupun pilpres kita selalu dengan istilah hitung cepat pilkada, hitung cepat pilpres, quick count pilkada, quick count pilpres ataupun pilihan bupati dan presiden. Sebenarnya apa sih hitung cepat dna bagaimana cara kerjanya? Berikut sedikit gambaran istilah hitung cepat (quick count) dan cara kerjanya.

Pengertian Hitung Cepat atau Quick Count

Berikut istilah hitung cepat menurut wikipedia (https://id.wikipedia.org/wiki/Hitung_cepat), hitung cepat atau jajak cepat (bahasa Inggris: quick count) adalah sebuah metode verifikasi hasil pemilihan umum yang dilakukan dengan menghitung persentase hasil pemilu di tempat pemungutan suara (TPS) yang dijadikan sampel. Berbeda dengan survei perilaku pemilih, survei pra-pilkada atau survei exit poll, hitung cepat memberikan gambaran dan akurasi yang lebih tinggi, karena hitung cepat menghitung hasil pemilu langsung dari TPS target, bukan berdasarkan persepsi atau pengakuan responden. Selain itu, hitung cepat bisa menerapkan teknik sampling probabilitas sehingga hasilnya jauh lebih akurat dan dapat mencerminkan populasi secara tepat.

Pengertian Hitung Cepat atau Quick Count
Hitung cepat lazim dilakukan oleh lembaga atau individu yang memiliki kepentingan terhadap proses dan hasil pemilu. Tujuan dan manfaat dari hitung cepat adalah agar pihak-pihak yang berkepentingan memiliki data pembanding yang dapat digunakan untuk mendeteksi adanya kemungkinan kecurangan yang terjadi pada proses tabulasi suara. Dengan hitung cepat, hasil pemilu dapat diketahui dengan cepat pada hari yang sama ketika pemilu diadakan. Jauh lebih cepat dibandingkan hasil resmi yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang memakan waktu lebih kurang dua minggu. Selain itu dengan hitung cepat biaya yang dibutuhkan jauh lebih hemat daripada melakukan penghitungan secara keseluruhan.

Cara Kerja Hitung Cepat atau Quick Count
Bersumber dari zenius.net, sebelumnya kita harus kenal konsep sampling dalam statistik. Ternyata untuk mengetahui karakteristik dari suatu populasi, tidak harus ambil semua datanya, tapi cukup ambil beberapa sampel saja. Sebagai ilustrasi untuk mengetahui rata-rata berat badan teman di satu sekolah misalnya, kita tidak perlu timbang semuanya, tetapi cukup beberapa sampel aja. Sama halnya dengan perhitungan pemilu ataupun pilkada/pilgub juga, untuk mengetahui hasil dari 478.685 TPS (populasi), cukup mengambil sampel beberapa ribu TPS saja (sampel).

Adapun metode sampling yang digunakan diantaranya : random sampling, systematic sampling, cluster sampling, stratified sampling.

Kembali ke istilah Quick Count, dari ulasan di zenius.netm bahwa lembaga survey paling sering menggunakan Stratified Random Sampling atau Multistage Random Sampling. Multistage itu sebenarnya mirip cluster sampling, cuma lebih kompleks aja.

Demikian gambaran cara kerja para lembaga survei. Dengan konsep ini, lemba survey bisa mengambil 3000 TPS aja dari 478.685 TPS yang ada. Karena 3000 TPS itu sudah lumayan mewakili seluruh populasi yang ada, dengan margin of error yang relatif kecil (sekitar 1%).

Jadi, secara matematis sebenarnya tidak terlalu susah. Namun memang biayanya besar.

Simpulan :
Metode Quick Count adalah metode yang terukur dan juga teruji secara ilmiah. Dengan asumsi pengambilan sample yang tepat, metode quick count bisa dipertanggung-jawabkan akurasinya dengan margin error yang kecil. Kalo kita mau lihat sejarah perhitungan quick count dari pemilu-pemilu yang udah pernah kita jalani sebelumnya, kita bisa melihat bahwa lembaga-lembaga survey yang sudah berpengalaman telah merepresentasikan perbandingan data yang sangat konsisten dan juga cukup akurat dari waktu ke waktu.

Demikian sedikit ulasan tentang "Mengenal Hitung Cepat dan Bagaimana Cara Kerjanya", semoga bermanfaat.

Keywords : Mengenal Hitung Cepat dan Bagaimana Cara Kerjanya, Pengertian Hitung Cepat, Quick Count



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar