Skip to main content

Mendikbud Kaji UN Tidak Setiap Tahun

Mendikbud Kaji UN Tidak Setiap Tahun

Wacana UN Tahun Depan ~ Berbicara tentang ujian nasional, tentunya tidak akan ada habisnya. Selalu ada yang pro dan kontra, setelah UN tidak lagi menjadi penentua kelulusan sekolah, maka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy seperti yang dilansir dalam AntaraNews bahwa  pihaknya siap melakukan kajian terhadap pelaksanaan Ujian Nasional (UN) karena bagi pemetaan tidak perlu diadakan setiap tahun.

Wacana Ujian Nasiaonal (UN) Tidak Setiap Tahun


"UN tidak harus setiap tahun kalau fungsinya hanya untuk pemetaan," ujar Muhadjir di Jakarta, Rabu.

Fungsi UJIAN NASIONAL hanya untuk pemetaan dengan tujuan utama menentukan mana sekolah yang memenuhi standar kualisifikasi pendidikan dan mana yang tidak.

Menurut dia, sekolah yang melakukan terobosan itu nantinya akan membimbing atau melakukan pendampingan terhadap sekolah yang belum memenuhi standar tersebut.

Selama ini, pelaksanaan UN dilakukan setiap tahun, namun hasil pemetaan yang didapat dari UN itu tidak dimanfaatkan.

Berapa alokasi dana untuk Ujian Nasional? Dana yang digelontorkan untuk Ujian Nasional tersebut lebih dari Rp500 miliar.

Menurut Mendikbud, lebih baik dana tersebut digunakan untuk perbaikan sekolah rusak maupun peningkatan kompetensi guru.

Namun demikian, pihaknya akan melakukan kajian internal mengenai pelaksanaan UN karena melibatkan banyak pihak. Dalam waktu dekat akan dirumuskan hasil kajian tersebut.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar